Minggu, 22 Maret 2009

kemampuhan akan diri kita sendiri

Pemikiran yang negatif mengenai kemampuhan akan diri kita sendiri akan membatasi kita untuk berprestasi.penting sekalih untuk kita memiliki anggapan positif pada diri kita sendiri, tentu saja ini berdasarkan kenyataan dan bukan khayalan. kita buat penilaian tentang diri kita sendiri,apakah kita ini pribadi positif atau negatif, janganlah menipu diri sendiri. kemungkinan banyak yang harus kita perbaiki, banyak yang harus kita tingkatkan banyak yang belum kita lakukan, sedangkan kita sebenarnya mempunyai kemampuan.

BERPIKIR POSITIF, kita harus bertanggung jawab atas apa-apa yang sedang berlangsung dalam pemikiran, dalam arti kata tanggap dalam melihat semua kemungkinan yang setiap saat dapat saja terjadi, banyak orang yang tidak tanggap akan keadaan, apakah itu keadaan diri sendiri, atau lingkungan dimana mereka berada. sehingga mereka seringkali kehilangan kesempatan yang baik, apakah itu kesempatan untuk belajar atau mendapatkan pengalaman yang baru, malahan kesuksesan dalam materi. kita bukan hanya berpikir positif, tetapi lebih bertindak positif. takkala kita mengatakan pada diri kita sendiri " saya adalah pribadi yang berpontensi, saya adalah pribadi yang mempunyai kemampuan". mungkin pada saat yang bersamaan lalu timbul pemikiran,aaah tapi bagaiman yah? saya sudah sering kali gagal", maka pemikiran yang negatif serupa ini jelas adalah peninggalan masa pertumbuhan, karena sebagai anak kecil kita memang selalu mengalami berbagai benturan.

PANJANG AKAL, yang dimaksud panjang akal (resourcefulness), tentu saja bukan mereka yang licik dan mempunyai banyak akal tetapi akal busuk. dalam hal ini panjang akal adalah keadaan diri kita yang selalu berusaha mencari jalan keluar dari kemelut yang dihadapi. jadi dalam melakukan sesuatu kita pun siap dengan alternatif lain apabila memang perlu. tentu saja kita tidak mengharapkan kegagalan, namun kita siap menghadapi keadaan yang paling buruk. sehingga dalam kehidupan kita tidak melakukan hal-hal yang diluar batas kemampuhan.orang yang panjang akal, dapat melihat setiap kesempatan untuk berkreasi, dalam arti kata bukan semua yang disebut kreativitas adalah hal-hal yang bertalian dengan pekerjaan tangan. malahan orang kreatif ini dimulai dari sekap mereka yang tanggap, dapat melihat apa-apa yang tidak dilihat orang lain. kita pun mampuh menjadi orang yang panjang akal. langkah pertama, belajarlah memecahkan masalah sendiri, janganlah selalu saja meminta pertolongan orang lain. kebiasaan meminta pertolongan orang lain, membuat seseorang menjadi invalid dalam jiwa raga.
KETEKUNAN, tanpa ketekunan rancana dan pandangan serta akal panjang yang ada pada kita semuanya tidak ada gunanya. namun demikian, ketekunan bukan berarti kita harus keras kepala. karena apabila dilihat kita memang perlu marubah strategi, jangan terus saja tekun...ini namanya bukan ketekunan , melainkan keras kepala. ketekunan ini harus dibarengi kerja keluwesan, bekerja keras, kemudian relaks serta menikmati hasil pekerjaan anda. bukankah ini memberikan kebahagiaan tersendiri, kepuasan batin.
lihat shivoong.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar