Customer service merupakan bagian dari produk dan mengarah kepada kepuasan pelanggan (customer satisfaction). menurut Schein, komunikasi yang efektif memberikan keuntungan dalam mencapai tujuan-tujuan pribadi dan pekerjaan dan tujuan hidup. komunikasi dinilai efektif bila pesan yang disampaikan komunikator dan pesan yang diterima komunikan dimaknai sama. komunikasi dibagi menjadi dua yaitu : komunikasi verbal (menggunakan kata-kata) dan komunikasi non verbal (tanpa kata-kata co : gerakan tubuh, raut wajah, pesan postural). apakah anda pernah mengalami kekecewaan terhadap sebuah service, atau bahkan anda pernah mendengar keluhan dari customer bahwa service yang anda berikan mungkin tidak memberikan kepuasana kepada customer? hat--hati karena jika pelanggan kecewa terhadap pelayanan yang diberikan, pelanggan berpontensi menceritakan pengalaman tersebut kepada kira-kira 11 orang, sedangkan orang yang diceritakan tersebut juga masih berpontensi menceritakan kepada kira-kira 5 orang lain, sehingga satu pengalaman buruk pelanggan dapat menyebar kepada kira-kira 67 orang. inilah yang dapat merusak masa depan suatu perusahaan.
Untuk itu semua orang harus dapat memberikan pelayanan yang berkualitas yang dapat memuaskan customer dan segeralah untuk dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan menyatakan maaf atas situasi yang terjadi, tawarkan pilihan dan apa yang diinginkan, tetapkan tidakan yang akan dilakukan untuk menyelesaikan masalahnya, dan akhiri dengan suasana yang menyenangkan. ketika anda menangani keluhan pelanggan, jangan sampai anda menggunakan kata-kata yang membela diri sekalipun kita benar, misalnya, bukan begitu kejadiannya....tapi, bolehkah saya menjelaskan kejadian tadi pa? pelayanan itu membutuhkan suatu pengorbanan, tidak perlu melihat siapa yang kita layani dan yang melayani. bagaimana dengan anda saat ini? apakah customer anda sudah merasa puas dengan service yang diterima? atau customers anda lebih banyak yang kecewa?
Kamis, 09 April 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar